Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya yang Tepat

 

Meski sering dianggap buah “biasa”, pepaya sebenarnya memiliki cukup banyak nutrisi. Dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan pencernaan yang baik. Tidak mengherankan jika buah ini sering dikonsumsi saat sembelit.

Meski memiliki manfaat yang besar, beberapa orang sering sekali melakukan kesalahan saat membeli pepaya. Akhirnya, buah pepaya menjadi cepat busuk dan memiliki rasa yang sedikit pahit. Untuk menghindari hal itu, simak artikel di bawah ini.

Cara Memilih Buah Pepaya yang Baik

Memilih buah pepaya yang baik sebenarnya cukup mudah. Hanya saja tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya. Jika Anda ingin membeli pepaya secara langsung dari penjual, perhatikan cara di bawah ini.

1. Kepadatan Buah

Jika ingin membeli pepaya ada baiknya untuk sedikit menekan bagian buah. Jika terlalu empuk berarti buah tersebut sudah matang. Anda bisa membelinya jika ingin segera dimakan atau dihabiskandalam waktu 1 hari.

Apabila ingin disimpan beberapa hari ke depan, ada baiknya untuk memilih yang sedikit lebih keras. Apabila memilih yang sudah terlalu matang kemungkinan besar bisa busuk saat akan dikonsumsi beberapa hari kemudian.

Hindari untuk memilih buah yang terlalu keras saat ditekan. Bisa jadi buah tersebut belum matang. Meski akan matang dalam beberapa hari, kualitas rasanya tidak akan maksimal.

2. Warna Buah

Warna buah juga harus diperhatikan. Apalagi kalian ingin membeli buah pepaya jenis potong. Lihat warna dagingnya apakah sudah ke kekuningan hingga oranye atau belum. Jika sudah berarti bisa dipilih karena pepaya sudah matang sempurna.

Selanjutnya jika dilihat dari warna kulit, buah pepaya yang sudah matang biasanya memiliki warna kekuningan. Meski demikian akan ada warna hijau di beberapa bagian.

3. Aroma

Aroma dari pepaya yang matang biasanya cukup manis. Sebelum membelinya Anda bisa mencium terlebih dahulu untuk melihat apakah aromanya sudah pas atau belum. Jika aromanya terlalu pekat, bisa jadi pepaya tersebut terlalu matang sehingga mudah busuk.

4. Tekstur Kulit Luar

Perhatikan tekstur kulit luar buah pepaya. Jika ingin membeli pepaya dengan kualitas baik, pastikan kulit luarnya terlihat mulus. Jika bagian luarnya terlalu banyak hancur akibat terjatuh, lebih baik dihindari.

5. Jenis Pepaya

Anda juga harus memperhatikan jenis pepaya yang akan dibeli. Biasanya pepaya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada yang ukurannya satu porsi saja dan ada yang cukup besar hingga bisa dimakan banyak orang.

Jika ingin dimakan sendiri lebih baik memilih jenis yang kecil. Dengan melakukan ini pepaya bisa langsung habis dan tidak perlu terlalu lama disimpan di dalam lemari es hingga akhirnya membusuk.

Tips Menyimpan Pepaya di Rumah

Salah satu alasan mengapa banyak orang jarang membeli pepaya adalah mudah busuk dan hancur. Hal itu bisa terjadi karena pemilihan yang salah dan penyimpanan yang kurang baik. Simak tips menyimpan pepaya agar awet dan meminimalkan kerusakan.

  • Hindari untuk mengupas semua kulitnya.
  • Jangan dicuci terlebih dahulu.
  • Hindari untuk menyimpan di tempat yang lembab.
  • Jika ingin menyimpan di dalam lemari es, usahakan tempatnya cukup luas dan tidak tersentuh makanan lain atau apa pun di bagian atasnya.

Bagi Anda yang sulit memilih buah pepaya yang baik dan cocok untuk dikonsumsi, ada baiknya untuk menggunakan layanan belanja online dari Tanihub. Melalui aplikasi ini, berbagai jenis buah segar termasuk pepaya bisa anda dapatkan dengan mutu yang terjamin.

Anda hanya cukup membuka website atau aplikasi TaniHub saja. Buah yang dikirim adalah buah yang dihasilkan oleh para petani terbaik Indonesia dan telah melalui proses pemeriksaan kualitas yang ketat, sehingga semua yang dikirim masih dalam kondisi terbaik.

Selain buah, Tanihub juga menyediakan berbagai jenis kebutuhan dapur seperti sayur, telur, ikan, dan juga daging. Jadi, cocok sekali untuk Anda yang malas belanja keluar apalagi di saat pandemi. Cukup pakai ponsel saja, semua kebutuhan dapur bisa langsung dikirim.